INFO TERBARU THR DAN GAJI 13 PNS

Assalamu'alaikum sahabat ! Informasi terbaru terkait gaji 13 dan THR PNS. Simak selengkapnya !

Realisasi penerimaan negara per Mei 2016 semakin menunjukkan semakin beratnya beban anggaran yang harus ditanggung pemerintah. Hingga akhir bulan Mei 2016, realisasi pendapatan negara dan hibah sebesar Rp 496,6 triliun atau sebesar 27,2 persen dari target APBN tahun 2016 sebesar Rp 1.822,5 triliun. Khusus penerimaan pajak sampai dengan bulan Mei 2016 sekitar Rp 406,9 triliun. Pencapaian itu lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2015 yang mencapai sekitar Rp 435,3 triliun.

 
Info THR dan gaji 13 PNS

Penyebab utama turunnya penerimaan pajak akibat pelemahan ekonomi dunia yang disertai penurunan harga komoditas serta minyak bumi. (Baca juga : MENTERI YUDDY : PRESIDEN JOKOWI RESMI MENYETUJUI PENCAIRAN THR DAN GAJI KE-13)

Sedangkan realisasi belanja negara mencapai Rp 685,8 triliun atau sebesar 32,7 persen dari pagu APBN tahun 2016 sebesar Rp 2.095,7 triliun. Sehingga defisit APBN per Mei 2016 mencapai Rp 189,1 Triliun atau 1,49 persen terhadap PDB (Produk Domestik Bruto).

Defisit diyakini akan semakin membesar jika tak ada perubahan dari penerimaan karena belanja semakin membengkak di akhir tahun.

Salah satu langkah dari pemerintah untuk mengurangi beban anggaran yakni dengan penghematan. Presiden Jokowi menerbitkan Instruksi Presiden No 4 Tahun 2016 tanggal 12 Mei 2016 tentang langkah-langkah penghematan dan pemotongan anggaran belanja Kementerian dan Lembaga pada tahun 2016. Isi dari Inpres tersebut memerintahkan 87 instansi pemerintah untuk memotong anggaran belanja dengan total nilai Rp 50,02 triliun. Kebijakan pemerintah lainnya sepeti Tax Amnesty masih dibahas dengan DPR, diharapkan kebijakan ini dapat meningkatkan penerimaan pajak tahun ini.

Mau tidak mau jika defisit anggaran semakin melebar pemerintah akan menempuh dengan menambah hutang guna memenuhi pembiayaan.

Gaji 13 dan THR Dibayarkan Bersamaan

Terkait dengan kesulitan keuangan ini banyak spekulasi yang berkembang di media sosial bahwa pemerintah kesulitan dana untuk membayar gaji 13 maupun gaji 14 (THR). Karena anggaran yang dibutuhkan untuk mmenuhi gaji 13 dan THR PNS jumlahnya tidak sedikit yakni 8 Trliun lebih. Contohnya berita capture koran yang beredar di timeline medsos.

Kabar tesebut sudah tentu tidak benar karena faktanya pemerintah sudah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji, Pensiun atau Tunjangan ke-13 dan Pemberian Tunjangan Hari Raya. (Baca juga : GAJI KE-13 PNS DIJAMIN TIDAK AKAN DIPOTONG SEPESER PUN)

Bahkan dari surat Kemenkeu tentang RPP yang beredar, Gaji 13 dan THR akan dibayarkan bersamaan pada bulan Juni 2016 atau sebelum lebaran. Sedangkan pada bulan Juli dibayarkan tunjangan kinerja 13 khususnya bagi pegawai instansi pusat. Selama ini berita yang berkembang THR cair di bulan Juni sedangkan THR dibayarkan bulan Juli 2016.

 
Info THR dan gaji 13 PNS

Poin dari surat di atas :
Tunjangan Hari Raya hanya diberikan kepada PNS, TNI, Polri yang aktif tidak termasuk para pensiunan dan penerima tunjangan yang bersifat pensiun.
Pembayaran gaji ke-13 bagi PNS, TNI, Polri diatur pencairannya sebagai berikut :
– Untuk komponen gaji pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji, dibayarkan pada bulan Juni 2016 bersamaan dengan pembayaran tunjangan Hari Raya.
– Untuk komponen tunjangan Kinerja dibayarkan pada bulan Julu 2016.
Pembayaran pensiun ke-13 bagi para pensiunan dan penerima tunjangan yang bersifat pensiun dilaskanakan pada bulan Juli 2016.
Namun untuk kepastiannya tetap harus menunggu Peraturan Pemerintah (PP) dikeluarkan. Diperkirakan minggu ketiga Juni atau tanggal 20-an PP tersebut sudah diterbitkan. (setagu.net)

Sekian informasi terbaru untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah singgah.

8 Responses to "INFO TERBARU THR DAN GAJI 13 PNS"

  1. sayangnya di daerah bengkalis,Riau. gaji guru yg sakit lebih dri 3 hari tidak dapat gaji pokok selama 1 bulan & tambahan gaji Dri PNS pun tidak di berikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. RAHMAT SANJAYA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi K.H. RAHMAT SANJAYA di no 0853-1572-4488
      semua petunjuk K.H. RAHMAT SANJAYA saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. RAHMAT SANJAYA saya tidak akan melupakan jasa aki. jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silahkan hub K.H. RAHMAT SANJAYA di no 0853-1572-4488 kunjungi web resmi di http://pesugihanputih.jw.lt atau KLIK DISINI

      Hapus
  2. kasihan guru yg sedang sakit gajinya tidak di berikan. dia hari berfikir 2x 1. untuk biaya pengobatan & 2. biaya kebutuhan pokok.
    jdi ingat waktu ibu saya sakit ketika jatuh ke tergelincir di ruang cuci piring. 1 minggu ngak bisa jalan & dapat kabar tidak menerima gaji 2 bulan & gaji pns jga tak dapat bikin sedih. terpaksa setelah kabar tu besoknya ibu ngajar pake tongkat & pincang2 kesekolah. ngak punya hati lge ky nya pemerintah disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam......

      Hapus
  3. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauchid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauchid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, Wassalamu Alaikum Wr Wr

    BalasHapus
  4. SYUKUR ALHAMDULILLAH
    PENGANGKATAN JALUR KHUSUS yang telah dikeluarkan oleh BKN Pusat dan telah disetujuhi Presiden, Berkat informasi dari Ibu Evi saya dapat menghubungi PAK Drs. WARLI, M.Si (Beliau adalah Kepala Biro Kepegawaian di BKN Pusat)
    NO. Telp. 0812 3634 4780 yang telah membantu saya jadi PNS melalui jalur ini...

    http://jaluskhususpns.blogspot.co.id/2017/01/jalur-khusus-membuatku-jadi-pns.html#comment-form

    BalasHapus
  5. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam......

    BalasHapus