Tahun 2016, Kemdikbud Membuka Rekrutmen Guru, Ini Syaratnya...

Kabar gembira buat sahabat guru di seluruh tanah air, bahwa kemdikbud membuka peluang buat sahabat guru untuk bergabung.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tahun 2016 akan melaksanakan rekrutmen calon guru Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Calon guru ini akan dikirim untuk memberikan pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia dan Filipina.

 https://4.bp.blogspot.com/-v_iowVL89oo/Vud9UoKyMxI/AAAAAAAAMQk/gsk9nh-7TBQQYP0X5j2VrG-TrmCwgXQNw/s1600/FORMASI-guru.png

Jumlah guru yang akan direkrut sebanyak 116 guru. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar (PG Dikdas) akan merekrut 100 orang guru. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah (PG Dikmen) akan merekrut 16 orang guru. Para guru yang yang lulus seleksi akan bertugas selama 2 (dua) tahun.

https://4.bp.blogspot.com/-ZlEDUgru2mM/Vud9mpZlCEI/AAAAAAAAMQo/TqV0y1c2zHkhFSatZTAXZgdQclnwWDdEw/s1600/PERSYARATAN-PESERTA.png

Pendaftaran dan pelaksanaan Seleksi Rekrutmen atau Penerimaan Calon Guru Untuk Pendidikan Anak-Anak Indonesia di Malaysia dan Filipina tahun 2016 dilakukan LPTK yang ditunjuk yakni: UPI Bandung, Unesa Surabaya, dan UNM Makassar. Seleksi ini bisa diikuti oleh guru PNS dan guru bukan PNS.

Berkas yang harus diserahkan calon peserta seleksi:
1. Formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan lengkap;
2. Surat izin menjadi guru di Malaysia atau di Filipina dari Pemerintah Daerah (bagi PNS);
3. Surat pernyataan belum menikah dan tidak akan menikah sampai selesai masa kontrak kerja (bukan PNS);
4. Surat izin orangtua bagi bukan PNS atau suami/isteri bagi PNS;
5. Surat pernyataan kesediaan mematuhi perjanjian kerja;
6. Surat pernyataan bersedia bertugas di Malaysia/Filipina;
7. Surat pernyataan tidak menuntut menjadi PNS bagi guru yang bukan PNS;
8. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh perguruan tingginya;
9. Fotocopy sertifikat pendidik dan transkrip nilai dilegalisasi oleh perguruan tingginya dan/atau fotocopy NUPTK dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang;
10. Fotocopy KTP;
11. Surat keterangan sehat dari dokter rumah sakit pemerintah;
12. Surat keterangan bebas narkoba dari dokter rumah sakit pemerintah /Badan Narkotika Nasional (BNN)/Rumah Sakit Ketergantungan Obat;
13. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terbaru;
14. Pasphoto berwarna terbaru (3 bulan terakhir), berlatar belakang putih ukuran 4×6 dan 3×4 masing-masing 2 lembar (bagi laki-laki memakai pakaian jas dan dasi, bagi wanita memakai pakaian bebas rapi, bagi yang tidak memakai kerudung, telinganya terlihat);

https://2.bp.blogspot.com/-zzmVNFHHKhg/Vud9xygoXdI/AAAAAAAAMQs/iDP72WYO2tY43bJ5na2jq3utj3CXuNhzg/s1600/Jadwal.png

Jadwal dan Waktu Pendafataran Rekrutmen atau Penerimaan Calon Guru untuk Pendidikan Anak-Anak Indonesia di Malaysia dan Filipina tahun 2016 dapat dilihat pada tabel di atas. (sekolahdasar.net)

Selamat mendaftar dan semoga berhasil. Salam edukasi buat sahabat guru.

2 Responses to "Tahun 2016, Kemdikbud Membuka Rekrutmen Guru, Ini Syaratnya..."

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauchid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauchid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, Wassalamu Alaikum Wr Wr

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus