INFO TERBARU ! TUNJANGAN PROFESI GURU SD/SMP CAIR LEBIH AWAL

Assalamu'alaikum sahabat guru ! Kabar terbaru mengenai tunjangan profesi guru yang akan diterima lebih awal oleh guru SD dan guru SMP.

Dana tunjangan profesi guru (TPG) triwulan I (Januari-Maret) bagi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), akhirnya cair. Namun demikian, dana tunjangan guru jenjang SD dan SMP cair lebih dulu bila dibandingkan guru jenjang SMA/SMK.

 Foto: Istimewa

”Dana tunjangan profesi mulai cair Jumat (29/4) lalu. Tapi ini baru guru jenjang SD dan SMP, sedang untuk SMA/SMK sampai sekarang belum,” Kata Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Takdir Widagdo.

Dia mengungkapkan, jumlah guru PNS jenjang SD dan SMP di Kabupaten Banyumas yang menerima tunjangan profesi sekitar 6.000 orang, sedangkan untuk jenjang SMA/SMK sebanyak 1.745 orang.

Dijelaskan, untuk mengetahui apakah dana tunjangan tersebut sudah cair, guru bisa melakukan pengecekan ke rekeningnya masing-masing, sebab proses penyaluran dilakukan langsung melalui rekening bank para guru.

Setidaknya ada empat bank yang dipakai untuk proses pencairan, yakni BNI, BRI, Bank Mandiri dan Bank Jateng. Masing-masing guru dibebaskan dalam menentukan bank yang digunakan proses pencairan dana tunjangan profesi.

Informasi yang dihimpun, penyebab tunjangan profesi guru jenjang SD dan SMP cair lebih dulu lantaran pada jenjang ini tidak mengalami banyak kendala, terutama terkait data dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pasalnya untuk jenjang SD dan SMP lebih dulu dalam penggunaan sistem Dapodik.

Kondisi ini berbeda untuk jenjang SMA/SMK yang masih mengalami persoalan terkait sistem Dapodik. Apalagi penggunaan sistem ini baru diberlakukan pada tahun ini.

Takdir menyebut, pada jenjang SMA/SMK, jumlah mata pelajarannya lebih banyak dan ada perubahan dalam pengkodean mata pelajaran. Hal ini yang menyebabkan terjadinya kendala dalam sistim Dapodik.

”Adanya mata pelajaran yang pengkodeannya berbeda tersebut harus dikonversi terlebih dulu agar sesuai dengan yang ada di Dapodik,” terangnya. (suaramerdeka.com)



Demikian informasi terkini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih atas kunjungan sahabat guru semua. Salam pendidikan........


0 Response to "INFO TERBARU ! TUNJANGAN PROFESI GURU SD/SMP CAIR LEBIH AWAL"

Posting Komentar